Bimbingan Teknis Dokumen Perencanaan Pemda Luwu Utara

bintekPemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara kembali mengirim aparaturnya untuk melakukan bimbingan teknis penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan serta penyusunan dan evaluasi SAKIP/LAKIP yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 Oktober 2013 di Hotel Balairung Jakarta Timur. Sebelumnya pada Tahun 2012 dilaksanakan di Hotel Jayakarta Jakarta Pusat bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian PAN dan RB.

Pelaksanaan Bimtek tahun lalu (2012) membawa hasil evaluasi LAKIP Pemerintah Luwu Utara mendapat nilai C dari Kementerian PAN dan RB yang sebelumnya mendapat nilai D. Dan untuk pelaksanaan bimbingan teknis kali ini, Wakil Bupati Luwu Utara Ibu Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si. yang berkesempatan hadir untuk membuka acara tersebut dalam sambutannya menuntut evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah mendapatkan nilai B sebagai salah satu indikator keberhasilan bimbingan teknis ini. Bukan hanya itu, para Kasubag Perencana diharapkan tidak hanya mampu dalam merencanakan dan menyusun indikator dan target program kegiatan namun yang paling penting adalah outcomenya atau manfaat dari program kegiatan tersebut untuk masyarakat.

Dokumen perencanaan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan. Ada kecenderungan dalam masyarakat bahkan sebagian aparatur pemerintah sendiri yang kurang memahami fungsi perencanaan menganggap bahwa dokumen perencanaan hanya membahas sebatas perencanaan program kegiatan saja (pengamatan awam penulis sih begitu,,?! dan ini tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, pastinya :)). Justru tugas fungsi para perencana pembangunan ini sangat complicated. Bagaimana tidak?! Seorang perencana dituntut harus cerdas dan mampu memvisualisasikan sebuah bahkan segudang keinginan pimpinan di dalam fikiran mereka menjadi sesuatu yang nyata melalui tahapan dalam koridor peraturan-peraturan administrasi yang begitu rumit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *